Berita

Inovasi RSUD Blambangan - Luncurkan Kartu Gandrung, Kartu Anti Antri
07-03-2017 | Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan.

AKSES mendapatkan layanan kesehatan di RSUD Blambangan kini semakin mudah. Semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan layanan ini dengan cepat dan mudah. Ini setelah rumah sakit milik pemerintah itu meluncurkan kartu berslogan bebas antre yang diberi nama Kartu Gandrung. 
Kartu Gandrung sendiri merupakan kependekan dari Gerakan Asuhan Nyata pada Disablitas, Resiko Tinggi, Usia Lanjut, veteran Pensiunan dan Gravida. Dari namanya saja setidaknya ada lima golongan yang mendapatkan prioritas untuk mendapatkan kartu ini, sekaligus bebas antre tentunya. Menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI), Kartu Gandrung resmi diluncurkan Rabu (22/2) kemarin.
Ini ditandai dengan penandatanganan MOU dengan lima perwakilan dari penerima layanan porioritas dalam kartu tersebut. Direktur RSUD Blambangan dr H Taufiq Hidayat, Sp.And, M.Kes  mengatakan dengan kartu ini semua masyarakat bisa mendapatkan jaminan kesehatan. Diharapkan siapa pun nanti pemegang tongkat manajemen di rumah sakit, dengan adanya MOU pelayanan dapat terus diteruskan.
Selebihnya, Taufiq menjelaskan bahwa Kartu Gandrung merupakan penyempurnaan dari layanan dalam program Bagimu Pahlawan. Kartu Gandrung ini sendiri muncul berkat adanya kurangnya perhatian terhadap kalangan pasien usia lanjut dan pensiunan. Banyak masyarakat yang antre tidak peduli terhadap mereka. “Mengalah saja tidak mau sama yang tua,” ujarnya.
Dengan pemberlakuan Kartu Gandrung ini ada sejumlah fasilitas yang bisa diberikan. Diantaranya kegiatan promotif dan preventif. Pemegang kartu ini nantinya bisa diundang untuk dibekali materi tentang kesehatan. Selanjutnya bisa diisi dengan kegiatan seperti senam bersama dan lainnya. 
Layanan lainnya, rumah sakit juga telah menyediakan petugas khusus untuk layanan ini. Pertama adalah petuga penyambutan. Mereka akan bertugas untuk mengantarkan pasien menuju ruang tunggu sampai ke klinik layanan atau lainnya. Selain itu juga disediakan loket khusus dan disediakan ruang tunggu khusus dengan warna khas, merah putih.
Layanan ini sendiri akan mulai diberlakukan per 1 Maret mendatang. Pendaftar pun tidak perlu jauh datang datang ke rumah sakit. Cukup lewat nomor layanan yang terintegrasi dengan aplikasi whatsapp, maka nomer antrian sudah bisa diperoleh.
Disisi lain, Kepala Cabang BNI Banyuwangi Yudi Irawan sebagai mitra RSUD Blambangan dalam pelaksanaan program Kartu Gandrung ini pun mengaku cukup puas dengan apa yang dilakukan pihak rumah sakit. Dia berharap peluncuran kartu ini bisa menjadi acuan seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia. “Ini bisa jadi percontohan layanan rumah sakit yang lebih optimal,” katanya.
Dalam program Kartu Gandrung ini, BNI menyerahkan bantuan CSR berupa kursi roda dan kursi panjang untuk ruang tunggu. Senada dengan Yudi, Sekretaris Dinas Kesehatan Luluk Khomsiah mengapresiasi program inspiratif dan luar biasa dari rumah sakit. “Ini sungguh inspiratif dan luar biasa. Cakupan program tiga tahun yang berjalan pelaksanaannya diperluas lagi,” serunya. 
Sementara itu dari kalangan usia lanjut Sukoco sangat menaruh harapan besar terhadap pemberlakuan kartu ini. Dia berharap layanan rumah sakit bisa lebih baik lagi dan bisa terus ditingkatkan. “Ini sudah bagus dan bisa ditingkatkan terus,” ujarnya. (nic)

Hindari Antri, Pendaftaran Dibuka Online

RSUD Blambangan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanannya. Saat ini, RSUD kelas B ini akan meluncurkan inovasi berbasis online. Program ini untuk meminimalisasi antrean pasien Instalasi Rawat Jalan (IRJ) akan menerapkan sistem pendaftaran melalui SMS dan media sosial WhatsAapp (WA). “Dengan demikian, pasien tak perlu lagi mengantre untuk berobat. Calon pasien cukup mengirim pesan ke nomor layanan 08113118200,” kata Taufiq yang sukses mengelola RSUD Blambangan ini.

Dikatakan, sistem daftar online ini resmi bisa dilakukan pada 1 Maret 2017. Untuk pendaftaran pasien hanya perlu mengirim pesan singkat dengan format yang telah ditentukan. Untuk pasien baru atau yang belum pernah berobat, format pesan: Baru_NIK KTP el_Nama Pasien_Poli Tujuan_Tanggal, Bulan, Tahun. Sedang untuk pasien lama bisa dengan: Lama_No RM_Nama Pasien_Tanggal, Bulan, Tahun.

Pendaftaran via online ini sengaja ditelorkan menyusul terus meningkatnya pasien IRJ di RSUD Blambangan. Data rumah sakit, tanggal 13 Februari 2017, jumlah pasien sebanyak 548 orang. Di hari berikutnya, pasien berada di angka 577 orang. Keesokan harinya, tanggal 16 Februari 2017, pasien kembali bertambah menjadi 640 orang. 

“Sedang tempat duduk di ruang tunggu hanya menampung 200 orang saja. Jadi banyak yang tidak kebagian tempat. Karena itu kita buat metode pendaftaran online ini. Pasien cukup di rumah untuk memastikan jadwal pemeriksaan. Jadi gak perlu antre lagi,” katanya. (*)


Kartu Gandrung Ikut Kompetisi Sivonik
INOVASI Gandrung  yang diluncurkan RSUD Blambangan Banyuwangi  adalah salah satu program unggulan yang dibawa Bupati Abdullah Azwar Anas dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2017 di Kemenpan RB pada (14/2). Dalam kompetisi inovasi pelayanan publik  (Sinovik) ini, Pemkab Banyuwangi juga mengikutkan 15 SKPD. 
dr Taufiq menjelaskan dalam kompetisi Sivonik ini kartu Gandrung  bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya dari setiap aspek sosial, kesehatan, hukum, ataupun ekonomi yang disediakan pemerintah daerah. 
“Nah kartu Gandrung ini ikut dalam kompetisi Sivonik karena untuk percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Indikasi percepatan pelayanan ini terlihat dari aplikasi lapor sebagai wadah masyarakat untuk melaporkan penyimpangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, oleh sebab itu jika ada yang kurang puasmaka harus diperbaiki pada setiap unit pelayanan publik,”pungkas dr Taufiq. (*)

Ruang Berita

Tahun ini RSUD Blambangan Banyuwangi sia....
Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan.
Peningkatan akreditasi ini akan berdampak positif bagi program wisata yang sedang dibangun Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Merdeka.com, Banyuwangi - Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, terus be ....
Inovasi RSUD Blambangan - Luncurkan Kart....
Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan.
AKSES mendapatkan layanan kesehatan di RSUD Blambangan kini semakin mudah. Semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan layanan ini dengan cepat dan mudah. Ini setelah rumah sakit milik pemerintah itu meluncurkan kartu berslogan beba ....