RSUD Blambangan merupakan Rumah Sakit terbesar dan tertua yang ada di kawasan Kabupaten Banyuwangi. Secara geografis terletak di tengah-tengah kota yang menjadi pusat Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi dikelilingi kantor-kantor Pemerintahan, kawasan bisnis dan sarana pendidikan yang ada di kota Banyuwangi. Didirikan pada tahun 1930 oleh Profesor dr.Immanudin yang pada awalnya melakukan kegiatan pelayanan kesehatan dan penanggulangan penyakit menular dengan memiliki 4 ruangan :

  • Ruang Penyakit Dalam
  • Ruang Bersalin
  • Ruang Bedah
  • Ruang Pelayanan Rawat Jalan

Dalam perkembangannya pada tahun 1966 sampai 1968 RSUD Blambangan membangun beberapa fasilitas ruang perawatan yaitu :

  • Ruang Penyakit Dalam
  • Ruang Perawatn Anak
  • Ruang Bedah dan Kecelakaan
  • Ruang Penyakit Kandungan
  • Ruang Rawat Jalan

Sejak 1 April 1998 RSUD Blambangan menjadi Unit Swadana dengan katagori Rumah Sakit Type C + / Madya, Pada 8 Juli 2004 berdasarkan Perda No. 21 Tahun 2004 status RSUD Blambangan menjadi Badan Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

Pada bulan November 2007 Bapelkesmas RSUD Blambangan berhasil memperoleh sertifikat standart Internasional ISO 9001 – 2008 untuk katagori pelayanan klas I / Utama, Ruang Perinatologi, Ruang ICU, Ruang Bedah Sentral, Laboaratorium dan Farmasi. Setiap tahun dilakukan Audit maintenance ISO 9001 : 2000 kemudian pada tahun 2010 dilakukan Renewal Sertification ISO 9001 : 2008.

Pada tanggal 27 September 2009 RSUD Blambangan menjadi Badan Layanan Umum Daerah/ BLUD sampai sekarang.

VISI
VISI RSUD Blambangan : " Menjadi Rumah Sakit Andalan dan Pusat Rujukan di Kabupaten Banyuwangi "

MISI
MISI RSUD Blambangan :

  • Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu dan professional dengan tetap memperhatikan aspek sosial.
  • Meningkatkan kelengkapan Sarana dan Prasarana pelayanan Rumah Sakit.
  • Mengembangkan system administrasi, informasi manajemen yang efektif, efisien dan didukung oleh Sumber Daya Manusia yang professional.
  • Mewujudkan kinerja keuangan yang sehat dan akuntabel.

MOTTO
Pelayanan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

JANJI LAYANAN
Bertekad memberikan Pelayanan yang berkualitas kepada Masyarakat dengan Ramah, Senyum dan Salam (RSS) serta didasari Rasa Kasih Sayang, Ikhlas, Santun dan Sabar (KISS).

Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan memiliki fasilitas umum yang memudahkan pasien maupun keluarga pasien serta para karyawan rumah sakit dalam memenuhi kebutuhan akan non medis selama berada di lingkungan rumah sakit. Ketersediaan fasilitas pelayanan umum yang ada di RSUD Blambangan, antara lain :

Bagi anda pasien,pengunjung dan karyawan RSUD Blambangan maupun bagi yang memerlukan layanan perbankan 24 jam online, Kami telah menyediakan sarana Anjungan Tunai Mandiri yang terletak di Sayap Kiri Rumah Sakit.

Saat ini Kami telah bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk menyediakan sarana transaksi perbankan / keuangan online dengan lokasi yang nyaman dan aman selama 24 jam. Dan untuk kedepannya, Kami akan berupaya untuk melakukan kerja sama untuk penyediaan ATM dari bank-bank lainnya.

Untuk kenyamanan pasien, pengunjung dan karyawan dalam memenuhi kebutuhan berbelanja makanan dan minuman ringan, kami menyediakan konsesi atau corner shop yang di kelola secara sehat dan higienis.

Masjid sebagai sarana peribadatan kaum muslim ini, terletak di bagian kanan belakang gedung IGD di dalam kompleks RSUD Blambangan.

Masjid Al-Ikhlas RSUD Blambangan berkapasitas lebih dari 100 jamaah. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai wadah bersosialisasi, menjalin silahturahmi, pemberdayaan ekonomi dan lain sebagainya.

Sebuah sarana parkir yang terpercaya akan memiliki prestise tersendiri dan akan memberi kenyamanan bagi pengunjung untuk menitipkan kendaraan mereka didalam area parkir.

Untuk Itu , RSUD Blambangan telah mempersiapkan Area parkir untuk kendaraan roda dua. Demi keamanan dan kenyamanan pengunjung Rumah Sakit.